"Hindari wp bergerak"
irtoh

Tutorial Factory Reset

Kadang ada beberapa masalah di android yang belum bisa diketahui pasti penyebabnya, sehingga mau tidak mau pengguna android harus melakukan Factory Reset . Pengertian dari fatory reset itu sendiri adalah metode yang dilakukan untuk mereset (keadaan default) smartphone kita seperti pertama kali kita menggunakannya.

Berikut dibawah ini cara melakukan factory reset Xperia Miro, namun secara umum cara melakukan factory reset disemua smartphone berbasis android sama.

1. Pada tampilan home Tekan menu aplikasi untuk masuk ke daftar aplikasi yang ada di smartphone
2. Setelah masuk daftar aplikasi, pilih dan tekan menu Setting

Pada menu setting terdapat beberapa pilihan yaitu sebagai berikut,

  • Account & sync berfungsi untuk mengatur sinkronisasi antara data dan akun milik kita yang sudah pernah login, misalnya akun facebook, gmail, twitter, whatsapp, dsb
  • Location services, tujuannya tidak lain agar google mampu mendeteksi dimana kita berada sehingga android bisa melakukan otomatisasi waktu dan tanggal apabila pada pengaturan Date and time memilih automatic
  • Security berfungsi untuk melakukan pengaturan seputar password
  • Language & input berfungsi untuk melakukan pilihan bahasa dan papan keyboard
  • Backup dan reset berfungsi untuk melakukan backup, restore, dan reset sebagian atau seluruh data yang tersimpan di smartphone
  • Date and time berfungsi untuk sebagai pengaturan waktu dan tanggal, bisa secara otomatis jika ada koneksi ke internet atau secara manual
  • Opsi Backup & reset merupakan pengaturan seputar backup, reset, dan restore
  • Accessebility adalah fitur aksesibilitas dan layanan untuk membantu para pengguna menavigasi perangkat mereka lebih mudah, termasuk teks-to-speech, touch & hold delay, trackball dan navigasi arah-pad. Developers aplikasi Android bisa memanfaatkan layanan ini untuk membuat aplikasi mereka lebih mudah diakses.
3. Scroll kebawah dan pilih Backup & reset
sony_xperia_miro_home sony_xperia_miro_home_2 sony_xperia_miro_backup_&_reset
4. Pada pilihan Backup & reset, di dalamnya terdapat beberapa pilihan antara yaitu’
  • Backup my data berfungsi sebagai backup data aplikasi, password wifi, dan semua data aplikasi yang kemudian akan disimpan otomatis ke dalam database Google.
  • Backup account berfungsi sebagai penghubung antara akun gmail pengguna dengan data-data pengaturan baik aplikasi, password, dan lainnya.
  • Automatic restore adalah layanan dimana Back up my data dan Backup account secara otomatis akan dikembalikan ketika melakukan install ulang smartphone.
  • Factory data reset berfungsi untuk mengembalikan pengaturan data smartphone kita kembali seperti awal pertama kali kita menggunakan smartphone
Maka untuk melakukan Factory data reset android adalah dengan memilih dan menekan Factory data reset.
Pada pilihan ini semua data yang berhubungan dengan google play akan dihapus, sementara konten media (foto, musik, dll) tidak akan dihapus dari SD Card.
Maka sebelum melakukan factory data reset, pastikan terlebih dahulu bahwa semua data yang sekiranya perlu sudah di backup. Untuk membackup sms dan daftar kontak, kami rekomendasikan untuk memakai Super Backup : SMS & Contacts, gratis di Google Play.

5. Untuk melanjutkan Tekan Reset Phone

Apabila pada smartphone anda terdapat aplikasi facebook, twitter, whatsapp dan aplikasi aktif lainnya yang membutuhkan akses login, maka akan muncul notifikasi aplikasi tersebut.
6. Apabila anda sudah yakin untuk meneruskan serta data-data yang perlu sudah dibackup, selanjutnya tekan Erase everything

sony_xperia_miro_factory_data_reset sony_xperia_miro_reset_phone sony_xperia_miro_reset_everything

7. Sampai disini, smartphone anda akan melakukan proses Factory reset dan secara otomatis smartphone melakukan reboot
sony_xperia_miro_shut_down
irtoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Handphone dan Teknologi
Hptekno. All rights reserved.
Pondok Tirta Mandala
blok S3 no 11
Depok
info@hptekno.com
Phone 0856 9430 2642